• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Monday, October 10, 2016

Kenapa Sih Kabel UTP Dibuat Terpilin?

October 10, 2016 // by Buster Wolf Website // 1 comment

Kenapa Sih Kabel UTP Dibuat Terpilin?

Jika anda lihat dan cermati, sekilas kabel UTP nampak dibuat terpilin. Namun, apakah penah terbesit dipikiran anda, kenapa kabel UTP dibuat dalam bentuk terpilin secara berpasangan? Kalau belum tau, yuk simak penjelasannya berikut ini.

PC/Laptop yang kita miliki memproses dan menyimpan informasi dalam bentuk data yang pada dasarnya data tersebut terdiri atas kumpulan bilangan yang disimbolkan antara 1 dan 0 atau disebut bilangan biner. Nah, Masing-masing 1 dan 0 itu disebut bit. Bit-bit data tersebut selanjutnya ditransmisikan (pemindahan data dari satu titik ke titik lainnya) dalam bentuk listrik melalui sebuah kabel konduktor, atau dalam bentuk cahaya melalui kabel fiber optic (FO), atau mungkin juga bisa dalam bentuk gelombang elektromagnetik di atmosfer menggunakan teknologi wireless. Jalur yang dilalui data tersebut ketika ditransmisikan baik menggunakan kabel atau non-kabel alias wireless ini disebut dengan media transmisi. Bit data yang ditransmisikan dapat direpresentasikan sesuai contoh gambar dibawah ini.


Salah satu konduktor elektrik yang sering dijumpai dan digunakan dalam transmisi data adalah Unshielded Twisted Pair (UTP). Shielded Twisted Pair (STP) merupakan versi yang mirip dengan UTP namun ditambah lapisan pelindung/shield. Biasanya kabel ini dapat ditemukan pada penggunaan jaringan ethernet dan kabel telepon. Setiap kabel yang telah diisolasi lalu dililit secara berpasangan dimana masing-masing dipilin dalam bentuk spiral/melingkar.


    Lalu, mengapa dipasang terpilin secara berpasangan? Jawabannya ada dua sebab, yaitu:

1. Untuk menghilangkan/mengurangi noise yang ditimbulkan oleh electromagnetic interference (EMI) dari sumber luar.
2. Untuk meminimalisir terjadinya kebocoran sinyal di antara kabel yang berdekatan, yang dapat mengakibatkan crosstalk

    Nah, apa itu EMI dan Crosstalk? Jika anda belum tau EMI dan crosstalk, nih ada penjelasan singkatnya.

    EMI (Electromagnetic Interference) atau Interferensi Elektromagnetik merupakan emisi listrik atau magnet dari suatu perangkat atau sistem yang mengganggu kerja  perangkat atau sistem lain secara normal. Atau dengan kata lain distorsi akibat penyimpangan antara Gelombang Electromagnet atau Radio Frekuensi. Efek EMI terhadap produk elektronika antara lain Interferensi konduksi (Conducted Interference ) masuk dan keluar perangkat (devices) melalui suatu kabel dan sistem pengkabelannya serta Interferensi radiasi (Radiated Interference) masuk dan keluar perangkat (devices) melalui media udara ke sistem perkabelan yang ada dan langsung menembus perangkat. Contohnya biasa terjadi pada Handphone, Handy Talky (HT), Bluetooth, Radio 2.4 GHz, dan lainnya. Kemudian untuk mengatasinya digunakan RF Filter, dimana pada beberapa IC Power amplifier telah menerapkan bypassing RF agar circuit boardnya tidak terdistorsi oleh RF

     Sedangkan Crosstalk atau pembicaraan silang yaitu gangguan dalam proses pengiriman data/informasi antar stasiun berupa masuknya sinyal yang tidak diinginkan dari jalur yang terletak berhimpitan yang sering terjadi pada pengiriman jarak jauh atau sinyal berfrekuensi tinggi. Cross Talk Pada Kabel coaxial Maksudnya  Noise atau kebisingan yang dihasilkan oleh pasangan Kabel yang berdekatan. Ketika arus listrik mengalir melalui kawat, itu menciptakan kecil, medan magnet di sekitar kawat melingkar. Ketika dua kabel dalam sebuah sirkuit listrik ditempatkan berdekatan, medan magnet mereka berlawanan satu sama lain. Dengan demikian, dua medan magnet membatalkan satu sama lain Artinya Noise Dapat Diredam Dengan Kabel coaxial.

    Crosstalk yang terjadi dalam rangkaian komunikasi yang bergerak ke arah yang sama dan dianggap sebagai sinyal dalam rangkaian tersebut. Ada dua hal penting yang menyebabkan timbulnya crosstalk, yakni :
   
1. Electrical coupling diantara media transmisi, misalnya antara pasangan-pasangan kawat pada sistem komunikasi yang menggunakan kabel sebagai media transmisinya.
2. Pengendalian yang kurang baik dari frekuensi respons misalnya desain filternya.

    Demikianlah postingan mengenai UTP yang dibuat terpilin. Semoga dapat membantu dan bermanfaat buat kita semua. Salam hangat penulis buat anda.


1 comment: