• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Sunday, May 17, 2020

Susu Kurma, Minuman Favorit yang Enak dengan Segudang Manfaat

May 17, 2020 // by Buster Wolf Website // , , , , , // No comments

Susu Kurma, Minuman Favorit yang Enak dengan Segudang Manfaat

Kurma merupakan buah yang sering kita temui menjelang bulan ramadhan serta seperti menjadi makanan wajib di bulan ini. Walaupun begitu, bukan berarti buah tanaman palma ini tak bisa dikonsumsi tiap hari ya. Buah dengan bentuk lonjong dan berwarna cokelat ini dikenal kaya manfaat. Dalam buah ini terdapat berbagai macam kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh dan mempunyai serat alami yang mudah dicerna oleh tubuh.

Buah manis ini sangat baik dikonsumsi pada waktu sahur maupun berbuka puasa. Menurut anjuran sunnah Rasulullah SAW, kurma baik dikonsumsi sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa dan disarankan dalam jumlah ganjil, mulai dari 3,5,7 dan seterusnya. Mengonsumsi kurma pas berbuka puasa dapat membantu kita lebih cepat kenyang lho, sehingga kita pun menghindari konsumsi makanan yang berlebihan. Selain dikonsumsi secara langsung, kurma juga dapat diolah menjadi berbagai menu, misalnya dicampurkan dalam olahan kue, maupun menjadi tambahan dalam menu minuman segar saat buka puasa.

Salah satu olahan minuman kurma yang mampu melegakan dahaga saat berbuka adalah susu kurma. Rasanya creamy,gurih, dengan legit alami kurma. Enak diminum panas ataupun dingin. Konsumsi susu kurma saat berbuka puasa ternyata dapat memberikan segudang manfaat kesehatan bagi tubuh lho pembaca.

Hal ini ada dalam kitab Mausu'ah ath-Thibbun Nabawi karya Abu Nu'aim al-Isfahani (Hal. 687-888). Di halaman tersebut terdapat Bab "Al Labanul Halibu Ma'at Tammari Mukhossibul Lil Badani Jiddan / Susu Tawar Bersama Kurma Amat Menyuburkan Tubuh." Beliau rahimahullah menyandarkan bab ini pada dua hadits, yang juga diriwayatkan Imam Ahmad dalam al-Musnad dan Ibnu Sunni. Satu riwayatnya berbunyi : Dari A'isyah radhiallahu'anha, "Bahwasannya Nabi Shallallahu'alaihi Wassallam menyebut susu dan kurma kering adalah dua jenis obat." (Riwayat Ibnu Sunni).

Susu merupakan bahan makanan kaya nutrisi. Memberi asupan lemak, protein dan sejumlah vitamin serta mineral yang dibutuhkan tubuh. Karena nutrisinya sangat lengkap maka susu dianjurkan untuk dikonsumsi rutin oleh anak-anak hingga orang dewasa. Setiap 1 gelas mengandung 125 kalori, lemak 4.7 gram, kolesterol 20 mg, sodium 127 mg, potassium 397 mg dan karbohidrat 12 gram. Selain itu juga mengandung vitamin A, C, klasium dan zat besi.

Sedangkan kurma mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A dan B6, asam folat, kalium, natrium alami, zat besi, hingga magnesium. Dalam satu butir kurma dengan berat 24 gram, terkandung 66 kalori, karbohidrat 18 gram dengan serat 2 gram dan gula 16 gram.

Dengan begitu banyak kandungan nutrisi perpaduan kedua bahan ini dalam Susu Kurma yang tentu memberi manfaat sehat untuk tubuh. Berikut ini manfaat susu kurma untuk kesehatan tubuh:
  • Membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh, dan melindungi liver dari racun akibat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.
  • Mengurangi anemia dan menurunkan masalah gangguan di saraf
  • Manfaat susu kurma bagi ibu menyusui bisa meningkatkan produksi ASI karena kurma mengandung enzim threonine dan glycerin.
  • Susu kurma juga bisa mengurangi kejadian arteri, dan melindungi Anda dari penyakit jantung. Hal ini karena kurma berkhasiat mencegah peningkatan kolesterol di dalam darah.
  • Mencegah sembelit
  • Menurunkan risiko diabetes
  • Membantu menguatkan otot
  • Mendukung penglihatan mata lebih cemerlang
  • Menurunkan tingkat stres
  • Meningkatkan produksi hormon pertumbuhan yang bermanfaat.
  • Membantu menguatkan tulang dan gigi
  • Meningkatkan kekuatan pendengaran dan saraf pada orang dewasa

Lalu gimana cara membuat susu kurma? Tenang, disini penulis juga akan membagi resep membuat susu kurma yang mudah, praktis, dan tentunya juga enak lho. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat susu kurma ialah:
  • 3-5 buah kurma utuh
  • 1 cangkir susu sapi/susu UHT
  • Es batu (opsional)
  • Madu (jika Anda ingin menguatkan rasanya).

Cara membuatnya mudah. Pertama-tama, untuk kurma sebaiknya pilih kurma segar yang rasanya legit. Jika memakai kurma berukuran kecil jumlah kurma bisa ditambah. Kemudian buang biji kurma, masukkan ke dalam Blender. Tambahkan susu dan es batu jika suka. Lalu proses hingga benar-benar halus dan tercampur rata. Kita juga bias menyaringnya agar susu kurma yang kita buat lebih halus dan smooth ya.

Selanjutnya tuang ke dalam gelas-gelas saji. Sajikan segera. Jika suka rasa manis yang kuat bisa ditambahkan madu secukupnya. Minumlah secangkir setiap harinya. Jika ada susu kurma yang tersisa, Anda bisa menyimpannya di dalam kulkas.


Selamat mencoba ya...!!! 😊

0 comments:

Post a Comment