• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Saturday, July 22, 2017

Review Singkat Sensor Ultrasonik HC-SR04

July 22, 2017 // by Buster Wolf Website // , , , // No comments

Review Singkat Sensor Ultrasonik HC-SR04

Halo para pembaca semua...

Setelah sekian lama vakum dari blog, kali ini penulis akan mereview Sensor ultrasonik HC-SR04 yang sering digunakan dalam beberapa aplikasinya dibidang elektronika.

Sensor ultrasonik merupakan sensor yang digunakan untuk mengukur jarak. Ultrasonik modul umumnya berbentuk papan elektronik ukuran kecil dengan beberapa rangkaian elektronik dan 2 buah transducer. Dari 2 buah transducer ini, salah satu berfungsi sebagai transmitter dan satu lagi sebagai receiver. Sensor ultrasonik ini bekerja dengan cara menghasilkan gelombang suara pada frekuensi tinggi, yang kemudian dipancarkan oleh bagian transmitter. Pantulan gelombang suara yang mengenai benda di depannya akan ditangkap oleh bagian receiver.

Rangkaian sensor yang berfungsi sebagai pemancar akan memancarkan gelombang ultrasonik dengan frekuensi tertentu, kemudian apabila terjadi benturan terhadap suatu benda atau objek maka gelombang ultrasonik akan dipantulkan kembali dan diterima oleh rangkaian sensor yang berfungsi sebagai penerima. Gambar 1 menunjukkan gambar sensor ultrasonik jenis HC-SR04 dan Tabel 1 menunjukkan spesifikasi Sensor ultrasonik HC-SR04, berdasarkan jangkauan, sudut deteksi terbaik, tegangan, resolusi dan frekuensi

Gambar 1. Sensor Ultrasonik HC-SR04


Tabel 1. Spesifikasi Sensor Ultrasonik HC-SR04

Prinsip Transkonduktansi : Sensor ultrasonik HC-SR04 digunakan untuk mengukur jarak dengan mengubah besaran fisis (bunyi ultrasonik) menjadi besaran listrik. Ketika pulsa trigger diberikan pada sensor, transmitter akan mulai memancarkan gelombang ultrasonik, pada saat yang sama sensor akan menghasilkan output TTL transisi naik menandakan sensor mulai menghitung waktu pengukuran, setelah receiver menerima pantulan yang dihasilkan oleh suatu objek maka pengukuran waktu akan dihentikan dengan menghasilkan output TTL transisi turun. Jika waktu pengukuran adalah t dan kecepatan suara adalah 340 m/s, maka jarak sensor terhadap objek pantul dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut :

S = (t_IN/2) x  (V/2)

Keterangan :
S = Jarak sensor terhadap objek
t_IN = Selisih waktu pemancaran dan penerimaan gelombang pantul
V = Cepat rambat gelombang ultrasonik di udara (344 m/s)

Demikian review singkat tentang Sensor ultrasonik HC-SR04. Penulis berharap semoga review ini bisa bermanfaat untuk semua pembaca, dan penulis mengucapkan terima kasih telah membacanya.  

0 comments:

Post a Comment