• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Wednesday, May 20, 2020

Apa Sih Fungsinya Carbon Brush Itu?

May 20, 2020 // by Buster Wolf Website // , , // 1 comment

Apa Sih Fungsinya Carbon Brush Itu?

Greeting everyone….

Pada kesempatan kali ini penulis ingin membahas mengenai carbon brush. Komponen yang satu ini biasanya berwarna hitam keabuan dan sering kita temui di beberapa peralatan misalnya di bor,blender, motor, dan sebagainya. Namun tau nggak apa itu carbon brush, kenapa pakai itu, lalu fungsinya apa sih? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, yuk simak pembahasan penulis berikut ini ya.

Carbon Brush merupakan suku cadang yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari bagian motor yang diam atau statis (stator/ Field Coil) ke bagian motor yang bergerak (rotor/armature) melalui komutator, untuk selanjutnya arus listrik tersebut diteruskan kembali menuju massa/ ground.


Carbon brush pada motor starter dipasang mengelilingi komutator, sehingga jumlah carbon brush ini kerap lebih dari satu. Umumnya, pada setiap motor starter terdapat dua atau empat buah carbon brush yang dipasangkan pada komponen yang bernama carbon brush holder. Setiap permukaan ujung carbon brush yang dipasang harus selalu terhubung rapat dengan komutator meskipun permukaan segmen pada komutator ikut berputar bersama armature coil.


Sebuah Carbon brush biasanya disambung dengan sebuah per, kabel, atau konektor lainnya untuk memastikan carbon brush terus menempel atau menyentuh permukaan bagian yang berputar tanpa terjadi putusnya listrik sehingga peralatan dapat terus berputar dan bekerja. Dan Supply listrik dilakukan melalui sebuah kabel listrik atau tembaga yang dihubungkan ke inti dari carbon brush.

Carbon Brush mampu menyalurkan listrik tanpa menyebabkan kerusakan pada penghantar itu sendiri. Hal ini dikarenakan sifat bahan carbon yang nggak mudah mencair terhadap percikan api yang terjadi akibat perputaran permukaan listrik yang bersentuhan. Namun, Carbon Brush tetap memerlukan pergantian akibat aus / habis, karena gesekan terus menerus dapat menyebabkan hal tersebut terjadi. Penyebab Carbon Brush cepat habis antara lain:
  • Kualitas bahan yang kurang baik sehingga cepat panas dan mudah terbakar akibat pergesekan ekstrim
  • Pemakaian mesin yang terlalu lama dan dipaksa serta cara pakai yang salah
  • Menggunakan bearing yang sudah rusak, sehingga putaran armature tidak stabil dan mengakibatkan proses pembakaran tidak normal sehingga mengakibatkan carbon brush habis tidak merata

Ketika kondisi carbon brush aus dan pegas/per untuk menekan carbon brush ini lemah, maka akan menyebabkan persinggungan yang kurang baik dengan segmen-segmen komutator. Akibatnya timbul tahanan listrik yang terlalu tinggi pada titik persinggungan dan akan mengurangi arus ke motor starter sehingga dapat menurunkan momen puntir yang dibangkitkan. Efeknya jelas, motor starter menjadi kurang bertenaga dan bahkan tidak kuat digunakan untuk memutar mesin.

Carbon brush dirancang dengan menentukan kekerasan dan komposisinya untuk tujuan yang berbeda. Fungsi carbon brush pada motor listrik dan generator sifatnya hanya terbalik, namun memiliki prinsip kerja dan fungsi yang sama. Carbon brush terdiri dari bubuk karbon dengan komposisi campuran tertentu yang dipadatkan dengan menggunakan tekanan tinggi dan pembentukan awal dan diproses dengan suhu tinggi sekitar 1200 derajat celcius. Sekarang ini tersedia bermacam-macam jenis carbon brush untuk keperluan industri umum, cleaner, peralatan listrik, motor pada mesin, power supply, micromotor, hingga peralatan rumah tangga.

Sangat amat disarankan menggunakan carbon brush sesuai dengan merk mesinnya, karena mereka telah mendesain carbon brush tersebut dengan komposisi yang sesuai dengan mesin, karena apabila carbon brush yang dibuat terlalu keras maka carbon brush bisa merusak armaturenya dan apabila carbon brush yang dibuat kualitasnya dibawah standard maka akan cepat terbakar atau patah yang mengakibatkan patahan terselip pada putaran motor dan membakar motor.

Demikianlah pembahasan penulis pada postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan tentunya penulis berharap para pembaca sekalian dapat melihat dan membaca postingan yang lainnya agar menambah wawasan kita semua. See you later and thanks. 😊

1 comment:

  1. Jika motor pd blender jenis hevy duty x nk berpusing adakah masalah carbon brush dh kong atau masalah lain. Cara cek carbon brush guna multimeter blh ke x. Tq

    ReplyDelete